blog - Mengetahui Beberapa Macam Desain Grafis Beserta Perbedaannya!


Mengetahui Beberapa Macam Desain Grafis Beserta Perbedaannya!


by Neusant

February 08, 2021 - 284 views

Bagi kamu yang sudah tidak asing akan bidang ini, pasti sering mendengar adanya beberapa istilah kombinasi khusus dalam desain grafis, antara lain seperti ilustrasi, tipografi, fotografi, sampai dengan mencetak untuk memberi suatu perintah dan informasi tertentu. Nah dengan melihat adanya hal tersebut, maka kamu juga perlu tahu apa saja macam desain grafis serta letak perbedaannya.

 

Sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu desain grafis itu sendiri, atau yang biasa disebut sebagai “desain komunikasi visual”, yang ternyata juga merupakan commercial art. Sebab itulah, desain yang satu ini sebenarnya diciptakan oleh paduan komunikasi yang tujuannya tak lain adalah bisnis, yang dicampur pula dengan sentuhan seni rupa untuk menghasilkan keuntungan. Hal tersebut tentu merupakan bentuk kreatifitas yang luar biasa, di zaman digital ini. Nah berikut beberapa bentuk macamnya!

 

Beberapa Bentuk Macam Desain Grafis serta Letak Perbedaannya!

Bila kamu sudah tahu betapa menguntungkannya belajar desain, dan berniat untuk menjadi seorang desainer atau mencari jasanya, maka perhatian terlebih dahulu delapan perbedaan dari macam desain grafis berikut. Karena dengan tahu kedelapan macam ini, tentu kamu bisa lebih memaksimalkan niat. Simak berikut selengkapnya!

 

 

Jenis Desain Antar Muka

 

Sering disebut juga dengan User Interface atau UI, maka desain antar muka ini bisa kita lihat ketika seorang pengguna, sedang melakukan suatu interaksi pada aplikasi atau perangkatnya. Perangkat sebagai interaksi ini bisa berupa mouse, keyboard, pengguna layar, dan lain-lainnya,

 

Maka bisa diambil kesimpulan, bahwa desain UI ini mencakup suatu desain grafis yang mana ia mengarah pada pengalaman visual dari sang pengguna, beserta pula dengan adanya beragam element grafis dalam layar seperti menu, tombol tertentu, mikro-interaksi, dan sebagainya. Dengan begitu tugas dari sang desainer UI ini, spesial untuk meningkatkan daya tarik keunikan dari bentuk yang estetik suatu perangkat dengan memaksimalkan fungsi teknis.

 

 

Jenis Desain Grafis Identitas Visual

Dalam suatu produk, lembaga, serta perusahaan pasti memiliki bentuk identitas tertentu sebagai penanda ciri khas, agar beda dengan yang lainnya. Hal tersebut pun secara tak sengaja bisa kita sebut dengan komunikasi visual, dimana tujuannya agar mudah diidentifikasi oleh calon customer.

 

Sebab itu, apabila Anda berniat untuk memasarkan produk, membuat suatu usaha dan bisnis tertentu, silahkan cari ahli desainnya supaya hasil terkesan maksimal. Karena belajar untuk membuat ini secara otodidak membutuhkan waktu yang tidak sebentar juga loh.

 

 

Jenis Motion Grafis

Jika dijelaskan secara sederhana, maka motion grafis merupakan suatu cabang seni dari desain grafis yang di dalamnya sudah termasuk segala halnya seperti fotografi, tipografi, ilustrasi, serta videografi yang sudah memakai adanya teknik bergerak animasi seperti yang kini sedang trend.

 

Nah, maka kita bisa ambil beberapa contoh dari jenis motion grafis ini seperti suatu video promosi, iklan, situs web, video game, aplikasi, video tutorial, GIF, logo animasi, spanduk, presentasi serta cuplikan.

 

Dengan contoh-contoh di atas maka kita sudah terbayang jelas, bila motion grafis ini memanglah segala sesuatu yang berkaitan dengan citra, audio, animasi, video, tipografi, serta efek lainnya yang nanti akan dipakai baik di film, televisi, atau media online lainnya.

 

 

Jenis Desain Grafis dalam Periklanan dan Pemasaran

Untuk yang satu ini tentu sudah terlihat jelas dari namanya, bahwa desain grafis jenis ini nanti akan bertujuan sebagai media persuasif, atau mengajak seseorang supaya tertarik maupun ikut membeli produk yang diiklankan. Dengan begitu dibutuhkan pula ide yang besar dalam mendefinisikan produk secara tidak langsung.

 

 

Jenis Desain Packaging atau Kemasan

Kemasan dalam suatu produk sebenarnya memiliki pengaruh yang kuat, namun beberapa orang masing menganggapnya sepele. Padahal, kemasan ini adalah pemandangan pertama yang pembeli lihat sebelum akan menunjukan ketertarikannya pada produk. Baik bentuk kemasan itu seperti tas, kaleng, botol, tabung atau wadah tertentu pun masing-masing memiliki cerita dan makna.

 

Sebab itu pada desainer ahli di bidang ini, tentu harus terus mengembangkan pengetahuan luas terkait pemahaman tajam akan proses cetak desain, maupun juga manufaktur industri. Karena dengan begitu maka tidak jarang juga para desainer yang tidak sengaja menemukan karya atas diri mereka sendiri dalam suatu produk tersebut.

 

 

Jenis Publikasi

Publikasi dalam suatu bidang desain grafis, tentunya akan dilakukan dengan distribusi publik, dimana sering kita sebut dengan industri media cetak. Contoh saja katalog, majalah, koran dan buku yang bahkan sekarang telah berkembang dengan era digital, dan bisa dilihat hanya melalui ponsel.

 

Tugas desainer di sini ialah untuk bekerja sama dengan penerbit dan editor ketika publikasi kerja, baik itu membuat bentuk tata letak bersamaan dengan tipografi seperti ilustrasi, grafik, dan juga fotografi.

 

 

Jenis Seni dan Ilustrasi bagi Desain Grafis

Sebenarnya terlihat sama namun berbeda, seni grafis dan ilustrasi mempunyai karakteristik masing-masing. Jadi disinilah tugas sang desainer dalam mengkomposisikannya untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi kedua hal di atas.

Contoh-contoh dari penggabungan ilustrasi dan seni dalam desain grafis, yakni pada gambar stok, video game, novel grafis, pola grafis untuk tekstil, grafis gerakan, dan yang paling sering kita lihat adalah desain kaos.

 

 

Jenis Grafis Lingkungan

Terakhir adalah grafis lingkungan yang mana akan menghubungkan secara visual, antara tempat-tempat dan orang di dalamnya yang pada akhirnya nanti akan menciptakan pengalaman menarik tersendiri bagi individunya. Mengapa bisa menarik? Karena tempatnya pun juga di desain spesial tersendiri dan khusus, contoh saja museum, mural dinding, interior toko ritel, dan lain sebagainya.

 

 

Itulah bermacam-macam desain grafis beserta letak perbedaannya, jadi mana yang nanti akan jadi favoritmu? Lalu sudah cukupkah manfaat di atas, membuat kamu termotivasi untuk mendalami salah satu bidangnya? Selamat belajar hal baru, ya!

 

 

 

 

 

 


more article